Rabu, 13 April 2011

8 Aturan untuk Bakar Lemak

 
Olahraga untuk membakar lemak tubuh? Perhatikan dulu aturannya di sini.  - Seorang wanita berolahraga bisa karena banyak alasan. Beberapa alasan yang sering diungkapkan adalah untuk membentuk otot agar bagian-bagian tertentu nampak kencang, untuk memperkuat stamina tubuh agar tidak mudah capek, agar selalu bugar dan tidak mudah sakit, serta yang paling banyak diungkapkan adalah untuk membakar lemak berlebih agar badan tidak menjadi gemuk.

Namun setiap olahraga memiliki aturan dan manfaatnya sendiri. Intinya, olahraga bukanlah bola kaca penyihir yang bisa memberikan apa pun yang menjadi tujuan Anda. Butuh cara khusus untuk mencapai keinginan Anda. Berikut ini 10 aturan yang harus Anda patuhi agar olahraga untuk membakar lemak berlebih di tubuh menjadi efektif dan efisien.

Intensitas

Jika tujuannya untuk membakar lemak, maka lakukan olahraga dengan intensitas yang tinggi. Semakin keras Anda berlatih, semakin banyak kalori yang terbakar sehingga lemak berlebih akan ikut hilang dalam proses ini.

Pilih latihan yang benar

Pilihlah olahraga yang bisa Anda lakukan secara rutin dan konsisten, yaitu olahraga yang Anda senangi, yang praktis dan terjangkau sehingga tidak ada alasan bagi Anda untuk melewatkannya.

Latih otot yang besar

Aktivitas pembakar lemak banyak melibatkan otot-otot besar pada tubuh seperti paha, dada dan punggung. Semakin besar keterlibatan otot-otot ini, semakin banyak kalori yang dibakar.

Kembangkan latihan

Kembangkan latihan Anda dari yang awalnya hanya tiga menit untuk satu gerakan, menjadi lebih lama lagi. Gerakan yang efektif akan tidak terasa manfaatnya jika Anda hanya sebentar melakukannya. Menurut American College of Sports Medicine, 20-60 menit tiap sesi selama tiga hingga lima kali seminggu akan sangat efektif.

Interval training

Saat recovery juga bisa memaksimalkan pembakaran lemak. Lakukan latihan keras kemudian rilekskan tubuh untuk recovery selama beberapa saat dan lakukan lagi latihan Anda. realbuzz menganjurkan rasio 2:2 antara waktu latihan keras dengan waktu recovery.

Lebih baik jogging daripada berenang

Saat berenang, berat badan Anda ditopang oleh air. Bandingkan ketika Anda jogging, tubuh Anda juga harus melawan gravitasi. Oleh karena itu olahraga seperti jogging dan berjalan cepat lebih efektif untuk membakar lemak daripada berenang.

Olahraga dengan perut kosong?

Memang benar olahraga saat perut kosong akan membakar lemak karena tubuh terpaksa menggunakan cadangan lemak untuk asupan energi. Namun tubuh juga tidak akan bisa berolahraga maksimal jika tidak memiliki cukup energi. Olahraga dengan perut kosong tetaplah bukan pilihan yang benar.

Terus bergerak

Orang yang aktif bergerak membakar kalori lebih sering dan lebih banyak tanpa dia sadari. Berjalan, duduk tegak, mengetik bahkan berciuman juga merupakan aktivitas pembakar kalori. Walaupun sedikit, namun jika Anda melakukannya dengan sering maka hasilnya akan baik juga. (wo/miw)

sumber : Kapanlagi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar